Related Posts with Thumbnails

Tentang Ikan Cupang atau Siem


Cupang betina

Kemarin coba-coba beli ikan cupang di depan pasar pedurungan dengan penjual ikan hias yang biasa mangkal di depan pasar. Lihat-lihat ada sesuatu yang menarik ternyata empat ekor cupang betina yang tengah hamil tua membuat saya kesemsem. Langsung saja saya menawarnya. Tawaran pertama dari siempunya cupang 10rb langsung saya tawar 8rb alhamdulillah dikasih. Dengan harga 8rb rupiah saya mendapat empat ekor cupang betina yang hamil tua. Dengan senang hati saya membawa pulang hasil belanja saya dan segera menaruh empat Ibu cupang yang tengah hamil tua tadi ke kolam dengan harapan esok harinya akan lahir bayi-bayi cupang atau biasa disebut burayak cupang.

Ternyata selidik punya selidik ada yang salah dengan metode pengembangbiakan saya, karena setelah lihat-lihat di Internet untuk menetaskan telur cupang dibutuhkan pejantan yang setidaknya berumur 4 - 5 bulan atau sudah matang. Jadi ibu-ibu cupang itu mau mengeluarkan telur-telurnya jika ada pejantan yang mau bertanggung jawab atas kehamilannya weleh-weleh....,


Cupang jantan

Okelah kalo begitu saya langsung mencari informasi tentang siapa yang menjual cupang jantan dengan harga murah, ada yang bilang pergi ke gemah dan ada yang bilang pergi ke Dede,, Saya pilih ke Dede saja deh,, soalnya dulu sering main ke situ pass musim Tamiya hehe.., Langsung pilih cupang bagus banget warnanya merah ekornya nyerit ndaa.., keren abizz..,, harganya 5rb rupiah. Setelah saya beli ikan jantan langsung saya diamkan selama satu hari satu malam ke dalam baskom atau ember yang sore harinya nanti akan berlangsung proses pemijahan. Dalam proses pemijahan sang jantan akan membuat bui2 yang nantinya diisi oleh telur oleh si betina. Setelah itu pindah betinanya biar sang jantannya yang menjaga telur2 itu. Karena jika tidak si betina akan memakan telur2nya lagi. Sumber dari segala sumber di internet.

Sambil menunggu pemijahan nyambi internetan browsing sana browsing sini,,

Info harga cupang 5 januari 2010:
Cupang betina 2000 rupiah (kurang lebih)
Cupang jantan hias 5000 rupiah (kurang lebih)
Cupang jantan petarung 3000 rupiah (kurang lebih)

Harga dapat berubah-ubah sesuai dengan pasaran.

5 komentar:

girivāyu mengatakan...

yang betina ada yg rp.400, rp.1000 sampe 50rb
yg jantan ada yg 1000,2000,3000
anaknya umur 1 bln rp.500 minimal beli 20 ekor

bayuratna mengatakan...

Blogie walking neh sambil memperkenalkan pernikahan adat yang ada di Indonesia.

Anonim mengatakan...

Dede itu dimana ya gan??
Suwun

Anonim mengatakan...

Saya juga ternak cupang jenis halmon,plakat fancy dll

Anonim mengatakan...

No hp saya 02470126604

Posting Komentar

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top